Monday, 7 October 2013

Fakta Perang Talas

Assalamu'alaikum, Sahabat..........
Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi pengetahuan tentang Perang Talas. Selamat membaca, Sahabat.........

Perang Talas merupakan perang yang terjadi di sekitar Sungai Talas, Kyrgyzstan antara Kekhalifahan Bani Abbasiyah melawan Kerajaan Cina dari Dinasti Tang.
Gambar : Ilustri tentang Perang Talas

Berikut ini beberapa fakta Perang Talas :

1. Lokasi : Talas Kzrgyzstan
2. Hasil : Kemenangan bagi Kekhalifahan Bani Abbasiyah
3. Pihak yang terlibat : Kekhalifahan Bani Abbasiyah dan sekutunya melawan Kerajaan Cina dari Dinasti Tang dan sekutunya
4. Penyebab :
¤ Konflik perebutan kekuasaan dan pengaruh di Syr Darya, Asia Tengah karena merupakan bagian dari Jalur Sutra yang selalu ramai dikunjungi para pedagang dari seluruh dunia pada waktu itu
¤ Kekhalifahan Bani Abbasiyah membantu Kerajaan Chach yang sedang diserang Kerajaan Ferghana dan Kerajaan Cina dari Dinasti Tang. Dengan kata lain, Kerajaan Chach meminta bantuan kepada Kekhalifahan Bani Abbasiyah karena diserang Kerajaan Ferghana dan Kerajaan Cina dari Dinasti Tang.

5. Sebelum Perang Talas terjadi :
¤ Raja pertama Tibet yang bernama Srong-btsan (Sgam-po) meninggal pada tahun 649 Masehi. Kemudian, tahun 670 Masehi, Cina merebut wilayah strategis penting di Cekungan Tarim yang telah dimiliki Tibet lebih dari 20 tahun. Pada abad ke-7 Masehi, Cina berhasil merendam pemberontakan Tibet yang membentuk kerajaan-kerajaan kecil di sisi belakang Tibet, yaitu Kashmir, Pamir dan Pegunungan Hindu Kush. Pada tahun 747 Masehi, Cina mengirim tentara yang dipimpin oleh Jendral Korea terkenal yang bernama Kao Hsien Chin memyeberangi Pegunungan Pamir menuju Kerajaan Gilgit dan kemudian pejabat Gilgit yang mendukung Tibet dipenggal.
¤ Pada 750 Masehi, terjadi pertempuran antara Kerajaan Ferghana dan Kerajaan Chach menyebabkan Kerajaan Ferghana mencari bantuan militer Cina. Kao Hsien Chin sebagai gubernur Kucha membantu Kerajaan Ferghana dengan menyerang Kerajaan Chach dan memenggal sang raja. Putra dari penguasa Chach melarikan diri dan meminta bantuan kepada Abu Muslim, gubernur Kekhalifahan Bani Abbasiyah di Khurasan.

6. Jalannya pertempuran pada Perang Talas
¤ Abu Muslim mengerahkan pasukannya di Merv (Turkmenistan) dan Tukharistan (utara Afghanistas) menuju Samarkand dan bergabung dengan tentara dari Transoxania yang dipimpin oleh Ziyad bin Shalih, mantan gubernur Kekhalifahan Bani Umayyah (Muawiyyah) dari Kufah di Uzbekistan. Juli 751 Masehh, kedua pasukan bertemu dan bertempur di dekat Kota Talas atau Taraz di Sungai Talas, Kirgiztan. Selama dalam pertempuran, sekitar 20 ribu pasukan Cina dari suku Qurluc membelot dan menyerang pasukan Cina dan juga Kerajaan Ferghana mundur dalam peperangan. Padahal Kerajaan Ferghana merupakan sukutu Tentara Cina dalam perang ini. Pasukan Cina pun dikalahkan sehingga Kekhalifahan Bani Abbasiyah berkuasa penuh di Asia Tengah.
7. Faktor penyebab kekalahan Tentara Cina dari Dinasti Tang dalam Perang Talas :
¤ Bersatunya Tentara Islam dari Bani Abbasiyah yang dipimpin oleh Abu Muslim (gubernur di Khurasan) dan Ziyad bin Salih (mantan gubernur dari Bani Umayyah di Kufah)
¤ Sekitar 20 ribu Tentara Cina dari Suku Turki Qurluc membelot dan membela Tentara Bani Abbasiyah
¤ 751 Masehi, Khitan mengalahkan Tentara Cina di dekat Ping-lu
¤ 754 Masehi, kerajaan muda Thailand di Nan-chao (Yunan) mengalahkan Tentara Cina
¤ 755 Masehi, oposisi pemerintah Dinasti Tang memberontak pada zaman Kaisar Hsuan-tsung
¤ Mundurnya Tentara Cina dari Kerajaan Ferghana dalam Pertempuran Talas padahal Tentara Cina telah membantu Kerajaan Ferghana dalam berperang melawan Kerajaan Chacg dan memenggal raja dari Kerajaan Chach.

8. Dampak dari kalahnya Tentara Cina dari Dinasti Tang
¤ Cina kehilangan pengaruh dan kekuasan selama 1000 tahun di Asia Tengah. Pada 1755 Masehi, Kaisar Qian Long dari Dinasti Qing (Manchu) dari Cina mengerahkan pasukan dan menempatkan gubernur di Kulda (Yining) dan wakil gubernur di Tihuai (Urumqi) dan Kashgar (Yarkand). Cina modern melanjutkannya dengan cara kekerasan dan berlaku diskriminasi pada warga di Asia Tengah
¤ Pemerintahan Islam berkuasa selama 1000 tahun di Asia Tengah
¤ Kertas yang terbuat dari pohon berhasil dikembangkan dan disebarkan di Dunia Islam hingga ke Eropa. Andai, Tentara Cina yang memenangkan Perang Talas, diduga kertas tidak akan tersebar karena Cina bersifat tertutup untuk melindungi kebudayaannya. Setelah Dunia Islam redup, Eropa pun mengembangkan kertas namun tidak berterima kasih pada Dunia Islam yang telah ikut memajukan Eropa. Padahal, selama gereja berkuasa, Eropa berada pada zaman kegelapan.

9. Sumber tentang perang ini didapatkan dari sejarahwan Muslim bernama Ibnu al Atsir (1160-1233 Masehi), al Dhahabi (1274-1348 Masehi) dan juga dari sumber Cina.


Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat :-)

menarik, bermanfaat

3 komentar:

  1. Subhanallah saya baru au gan sejarah perang Talas
    mantep nih kata" yg dipakai, tapi sedikit di edit gan biar keren lagi.. :D
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay ea so saya mencoba menyajikan ringkasannya agar mudah dimengerti... Thanks ea atas saran dan kunjungannya :-D

      Delete
  2. nice Story . . . mencerahkan, bagus untuk awalan

    ReplyDelete

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...