TERBARU

10/recent/ticker-posts

Sejauh Mana Kamu Tahu Indonesia?

Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Para pemuda Indonesia 





Adi Ingin Berbagi - Indonesia adalah negara berkembang yang terletak di antara dua benua dan samudera yang menyebabkan Indonesia ikut mempengaruhi perkembangan budaya, ekonomi, teknologi, dan hubungan internasional.

Sebagai negara Asia terpadat ke-3, Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 270 juta orang dan suku Jawa adalah suku terbesar berdasarkan populasinya.

Sejauh mana pengetahuan kamu mengenai Indonesia? Populasi Muslim terbesar? Kasus korupsi yang selalu tumbuh? Apa lagi?

Berikut 5 hal yang harus kamu tahu tentang Indonesia.

1. Rentan perpecahan

Indonesia adalah negara yang sangat rentan akan terjadinya perpecahan dan konflik disebabkan perbedaan agama, suku, bahasa, kekuasaan, ideologi, dan lainnya.

Perpecahan berdarah pernah merusak kehidupan Indonesia dari zaman kerajaan.
Misalnya, Kesultanan Mataram terpecah menjadi dua yaitu Kesultanan Jogjakarta dan Keraton Solo lewat Perjanjian Giyanti (13 Febryari 1755) karena pertikaian antara pihak Sunan Pakubuwono III dan Pangeran Mangkubumi yang dimanfaatkan VOC Belanda.

Perbedaan ideologi di kalangan para tokoh nasional juga pernah membunuh banyak orang. Misalnya, Gerakan 30 September 1965 oleh para komunis yang membunuh para jenderal militer.

2. Pulau sengketa

Indonesia memiliki pulau terbanyak dengan jumlah 17.508. Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan Papua menyumbang populasi terbesar bagi negara terkuat di Asia Tenggara ini.

Dari semua pulau, Indonesia pernah bersengketa dengan Malaysia mengenai Pulau Ligitan dan Pulau Sipadan di Selat Makassar.

17 Desember 2002, kedua pulau tersebut diputuskan secara internasional sebagai milik Malaysia.

3. Penghasil tembaga

Tembaga adalah logam penghantar panas yang baik dan bermanfaat untuk kabel. Daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia berasal dari Papua. Ya Tambang Grasberg yang dikelola oleg Freeport merupakan pertambangan tembaga terbesar ketiga di dunia.

4. Nusantara

Nusantara adalah sebutan Gajah Mada untuk semua pulau di luar Jawa yang menjadi wilayah Kerajaan Majapahit. Istilah ini muncul di naskah Pararaton dan Nagarakretagama sekitar 700 tahun lalu.

Nusantara merupakan nama lain Indonesia paling terkenal dan dianggap lebih tradisional. Dari kalangan bawah sampai presiden sering menyebut Nusantara sebagai kebanggaan menjadi warga negara Indonesia.

5. Cincin Api Pasifik

Sabuk Sirkum-Pasifik atau Cincin Api Pasifik adalah wilayah di kawasan Samudera Pasifik yang sering terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Indonesia yang masuk ke wilayah Cincin Api Pasifik sehingga negeri ini sering terjadi gempa bumi dan gunung meletus.

Gempa bumi di Indonesia sering terjadi karena aktivitas tiga lempeng raksasa yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik.

Sumber-sumber Referensi:

✍️ https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_Giyanti#:~:text=Perjanjian%20Giyanti%20adalah%20sebuah%20perjanjian,tidak%20ikut%20dalam%20perjanjian%20ini

✍️ https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sengketa_Sipadan_dan_Ligitan

✍️ https://copperleluhur.com/daerah-penghasil-tembaga-terbesar-di-indonesia/

✍️ https://en.m.wikipedia.org/wiki/Ring_of_Fire

✍️ https://en.m.wikipedia.org/wiki/Nusantara

✍️ https://www.tripsavvy.com/facts-about-indonesia-3976800

✍️ https://www.globalfirepower.com/countries-listing.asp

✍️ https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_GDP_(nominal)

Baca juga:






Posting Komentar

0 Komentar