Sunday, 28 July 2013

Begadang dan Bahaya bagi Kesehatan

Begadang diartikan tidak tidur sampai larut malam. Biasanya, begadang dilakukan bila tidak dapat tidur, banyak tugas atau pikiran yang tidak tenang. Namun, tahukah Anda bahwa begadang tidak baik untuk kesehatan ? Berikut ini ada beberapa dampak negatif dari begadang bagi kesehatan :
1. Konsentrasi menurun
Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal, salah satunya adalah penurunan konsentrasi. Ya, konsentrasi dapat menurun karena otak kelelahan akibat kurang istirahat. Bila hal ini dibiarkan, maka akan membuat tugas Anda berantakan.
2. Pelupa
Sharp wave ripples bertanggung jawab untuk menguatkan otak yang bekerja saat manusia tertidur. Namun saat Anda begadang, sharp wave ripples bekerja kurang optimal. Ini akan membuat Anda lupa pada beberapa hal.
3. Ceroboh
Akibat lain dari begadang adalah ceroboh. Ya, ceroboh, karena kemampuan motorik Anda akan lemah dan kurang gesit hanya karena Anda begadang
4. Meningkatkan kecelakaan
Tahukah Anda bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi salah satu penyebabnya adalah mengantuk ? Ya, begadang menyebabkan kantuk, ini akan membahayakan Anda saat harus bekerja adau berkendara.
5. Mudah lapar
Kurang tidur dapat mengganggu kadar gula darah dan tubuh sedikit memproduksi leptin, hormon pengendali nafsu makan dan ghrelin yang banyak diproduksi sehingga meningkatnya keinginan untuk menyantap makan agar kebutuhan kalori tetap terpenuhi.
6. Merusak liver
Begadang dapat mengganggu proses pembuangan zat-zat tak berguna (de-toxin) bagi tubuh dan pada waktu yang lama dapat merusak liver. Saat tubuh melakukan de-toxin, dibutuhkan tubuh yang rileks. Pada keadaan tidur, proses de-toxin terjadi di bagian sistem anti bodi (kelenjar getah bening). Cintailah tubuh Anda dengan tidak begadang agar tubuh Anda dan aktivitas Anda tak terganggu.

sumber gambar : http://1cak.com/37368
menarik, bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...