Sunday, 24 November 2013

11 Julukan Negara Indonesia


ألحمدالله, kita masih hidup sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang semoga bermanfaat dan tak merugikan siapa pun... Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi informasi tentang 11 Julukan Negara Indonesia, silakan simak....

1. Jamrud Khatulistiwa


Julukan ini karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan juga pemandangan alamnya yang menghijau dan sejuk yang diberikan oleh orang-orang Muslim Arab yang menyebarkan Islam pada abad ke-7 hingga abad ke-13. Indonesia memang memukau dengan alamnya yang luar biasa.
2. Negara Agraris
Sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani dengan lahan yang subur. Oleh karena itu, Spanyol. Portugis dan Belanda tercatat pernah menjajah negeri ini pada abad pertengahan.
3. Negara Maritim
Sekitar 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan dan sisanya adalah daratan. Laut Indonesia terkenal dengan hasil lautnya yang beragam dan banyak dan juga pemandangan bawah lautnya sungguh indah. Sejarah mencatat, Kerajaan-kerajaan kuno pernah jaya dan makmur karena mengelola laut dengan armada lautnya yang kuat sebelum kedatangan Bangsa Barat.
Kesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Malaka, Kesultanan Samudera Pasai, Kesultanan Ternate, Kesultanan Makassar (Kesultanan Gowa-Tallo), Kesultanan Tidore, Kesultanan Banjar, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Bali, Kerajaan Majapahit, Kesultanan banten, Kesultanan Mataram, dan beberapa kerajaan lain tercatat dalam sejarah menjadikan laut sebagai sarana untuk membangun dan mengembangkan kerajaan mereka. Portugis dan Belanda pernah dikalahkan oleh beberapa kesultanan seperti Kesultanan Aceh Darussalam di lautan. Ayo, kita bangun kejayaan Indonesia melalui laut.
4. Nusantara
Julukan ini diberikan oleh Kerajaan Majapahit dengan armada lautnya yang kuat di bawah pimpinan Mpu Pala dengan rajanya Hayam Wuruk dan pastinya, Patih Gajah Mada yang terkenal itu.
5. Negara 1000 Candi
Candi di Indonesia yang terkenal adalah candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia yang dibangun oleh Dinasti Sailendra, dan Candi Prambanan. Namun juga ada Candi Kidal sebagai tempat dimakamkannya Anusapati dari Kerajaan singhasari dan candi-candi lain yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya di Sumatera, Jawa dan Bali.
6. Negara 1000 Pulau

Indonesia adalah negara yang mempunyai pulau terbanyak di dunia dengan jumlah lebih dari 13 ribu pulau dan pulau yang terkenal adalah Sumatera, Jawa, Bali, Madura, Kalimantan, sulawesi, Kepulauan Maluku dan pulau-pulau lainnya.

7. Negara Mega Biodiversitas

Kekayaan hayati di Indonesia sudah terkenal ke penjuru dunia sehingga tidak diragukan lagi bahwa Indonesia cocok sebagai negara terkaya dengan kekayaan hayatinya. Tahukah Anda bahwa kebanyakan spesies di Indonesia adalah 300 spesies mamalia, 7500 sepesies burung, 7800 spesies alga, 72000 spesies jamur, 1250 spesies tanaman paku, 7500 spesies lumut, dan spesies lainnya. Sekitar 65% adalah spesies primata di Pulau Mentawai seperti Macaca pignensis, Simias cocolor, Hylobates klosii, dan Presbytis potenziani.
Dari Hutan Hujan Tropis di bagian barat hingga ke bagian timur Indonesia dengan savanna dan padang rumputnya menjadikan Indonesia kaya hayati. Garis Wallace membagi wilayah bagian barat dan Garis Webber membagi wilayah bagian timur berdasarkan penyebaran spesies faunanya. Sungguh, Indonesia adalah negara dengan pemadangan terindah di dunia.

8. Garuda

Julukan ini hanya pantas untuk Negara Indonesia karena mempunyai lambang burung garuda dengan Pancasila yang menempel di patung burung garuda. Tidak heran bila kesebelasan sepakbola Indonesia sering disebut sebagai kesebelasan garuda.
9. Paru-paru Dunia
Indonesia mempunyai Hutan Hujan Tropis yang tersebar di seluruh pulau seperti di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Papua dan juga pulau-pulau lainnya. Jika hutan di Indonesia ditebang sedikit saja maka akan mempercepat kenaikan suhu dan tentu, sangat berbahaya bagi manusia dan alam. Ayo, kita jaga hutan kita...
10. Populasi Muslim Terbesar di Dunia.
Sebagian besar negara yang dihuni oleh kebanyakan Umat Islam adalah negara-negara Afrika seperti Maroko, Tunisia, Libia, Mesir, negara-negara Timur Tengah seperti Palestina, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Irak, Kuwait dan hingga ke Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunai Darussalam termasuk Indonesia.
Tercatat, jumlah Muslim yang berangkat haji dan umrah terbanyak adalah Umat Islam dari Indonesia dan sekitar 230 juta jiwa menjadi penduduk Indonesia dengan mayoritas penduduknya adalah Umat Islam yang sangat toleran kepada minoritas. Hari Raya Non Muslim juga menjadi hari libur nasional dan berdirinya tempat-tempat ibadah. Gereja sebagai tempat ibadah Umat Kristen mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dan lebih cepat dari pertumbuhan jumlah Masjid yang kebanyakan dibiayai oleh para pengusaha Kristen keturunan Cina meski pemeluknya masih minoritas. Ini sekian bukti bahwa Umat Islam di Indonesia sangat toleran terhadap minoritas.
11. Macan Asia Tertidur


Dulu, sebelum dijajah oleh Belanda, Indonesia tercatat sebagai wilayah yang mempunyai tanah yang sangat subur dengan rempah-rempahnya sehingga membuat Bangsa Barat melakukan penjajahan di negeri ini. Setelah merdeka pun, Indonesia dapat mempengaruhi dunia. Perkumpulan negara-negara Asia dan Afrika pernah diadakan oleh Indonesia pada zaman pemerintahan Presiden Sukarno yang menghasilkan Non Blok dan pernah mengalahkan Tentara Sekutu yang menginginkan Indonesia dijajah lagi oleh Belanda dan juga menjadi penggerak pembahasan masalah-masalah di Asia .
Sesungguhnya, julukan asli untuk Indonesia adalah Macan Asia namun karena kasus korupsi yang berkepanjangan membuat negara ini menjadi lemah di bidang ekonomi. Para petinggi negara-negara lain percaya bahwa Indonesia bisa menjadi Negara Adidaya di dunia.
menarik, bermanfaat

2 komentar:

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...