Sunday, 13 April 2014

20 Situs Islam Terbaik dan Terpercaya

Penulis : Adi Selamet

Terbit : 13 April 2014

Diperbarui : Sabtu, 24 Februari 2018 (8 Jumadil Akhir 1439 H)


Internet adalah sistem untuk mendapatkan informasi dengan mudah yang disajikan oleh berbagai blog dan website atau biasa disebut situs. Awal dari diciptakannya internet hanya untuk mengamankan Amerika Serikat dari serangan atau sabotase yang dilakukan oleh Uni Soviet (sekarang, Rusia) dalam Perang Dingin (1945-1991).

Namun seiring berkembang dan majunya teknologi termasuk internet, kita bisa mendapatkan beragam berita dari dalam dan luar negeri termasuk berita tentang Islam. Untuk mengimbangi dan meluruskan berita-berita fitnah yang disajikan oleh beragam situs, maka situs-situs Islam pun hadir.

Di Indonesia, ribuan situs Islam telah menghiasi internet tapi hanya sebagian yang dapat dipercaya karena banyak situs-situs Islam yang dikelola oleh orang-orang Non Muslim dan anti Islam seperti situs Isadanislam.com dan FFI yang mencemarkan nama Islam. Berikut ini 20 situs Islam terbaik dan terpercaya versi saya :

1. Republika.co.id (Republika Online atau ROL)

Koran Republika terbit perdana pada 4 Januari 1993 untuk kalangan Umat Islam setelah proses panjang dengan kehadiran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie, seorang Muslim jenius yang menjadi presiden di Indonesia (1998-1999) di bawah bendera perusahaan PT. Abdi Bangsa.

5 tahun kemudian atau tepat pada 1998, situs online koran Republika yang beralamat Republika.co.id pun hadir dengan banyak keunggulan seperti beritanya yang selalu diperbaharui secara berkelanjutan, memiliki interaktivitas, hypertext dan multimedia. Karena berideologi Islam, Republika.co.id menyediakan halaman khusus dunia Islam yang terdiri dari Islam Nusantara, Islam mancanegara, Hikmah, Islam Digest, Buku Islam, Fatwa, Tasawuf, Mualaf, Halal, sampai informasi seputar umrah dan haji termasuk ekonomi syariah, sepak bola, otomotif dan lainnya.

  
Banyak sekali hal yang disukai saya terhadap Republika.co.id ini seperti mengupas sejarah Islam yang dimulai oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam (570-632 masehi), para sahabat beliau seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Imam Ali bin Abi Thalib  رضي الله عنهم yang menjadi para khalifah (632-662 Masehi), penyebaran Islam di Indonesia termasuk sejarah penyebaran Islam ke Eropa yang dilakukan oleh Kekhalifahan Utsmaniyah (1299-1923 Masehi) hingga berita Islam lainnya termasuk saat sekarang. Oleh karena itu, Republika.co.id menjadi situs Islam terbesar dan terpercaya di Indonesia hingga detik ini.

2 . Muslimheritage.com| Pengungkap Warisan Islam Terdahulu



Inilah website Islam berbahasa Inggris yang menjasi situs Islam terbesar kedua versi blog ini. Jujur, website ini menyajikan banyak konten tentang sejarah Islam termasuk penulisan sejarah Islam yang netral.


3. AswajaNU.com | Search Engine Aswaja NU (Nahdlatul Ulama)



Aswaja atau Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah manhaj mayoritas Muslim di seluruh dunia yang berpaham al Asya'irah dan al Maturidiyyah bukanlah "Asli warisan Jawa" yang dituduhkan Kaum Khawarij bernama Wahabi yang mengikuti Muhammad bin Abdul Wahhab dari Bani Tamim di Najd, Arab Saudi.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan banyak situs yang menyebarkan informasi baik positif atau negatif juga banyak situs yang mengatasnamakan Islam tapi menyebarkan fitnah dan mendukung aksi terorisme berkedok agama seperti Arrahmah.com, Eramuslim.com, Voa-Islam.com, Gemaislam.com, dan Nahimunkar.com.

Maka AswajaNU.com dibuat untuk memudahkan Umat Islam atau umat lain mendapatkan informasi tentang Islam yang benar sesuai fakta dan apa adanya. PPM Aswaja (Persaudaraan Profesional Muslim Ahlus Sunnah wal Jama'ah menawarkan solusi berupa SEARCH ENGINE yang aman dan hanya menampilkan informasi tentang Islam dalam pencariannya agar masyarakat tak terjebak pada propaganda palsu yang mengatasnamakan Islam yang dapat merusak aqidah Islam.

Jaminan keamanan hasil pencarian yang berintikan Islam dilakukan oleh mesin pencarian ini dengan menerapkan seleksi ketat terhadap semua situs penyebar ajaran Islam yang akan dijadikan acuan hasil pencarian sehingga masyarakat dapat pilihan terbaik.

Hasil pencarian Sejarah Islam di Hongaria versi google


 Hasil pencarian Sejarah Islam di Hongaria versi AswajaNU


4. Islam-institute.com | Info Islam - Berita Muslim Dunia


5. Arrahmah.co.id

 
6. MUI.or.id | Majelis Ulama Indonesia


7. LiputanIslam.com | Situs berita info dan artikel tentang dunia Islam dan kajian Islam terkini


Website ini hadir pada Januari 2014 untuk meluruskan situasi fitnah yang disebabkan sekelompok Muslim yang menyebarkan bendera tauhid sambil mencaci, berbohong, memfitnah, menghancurkan, meneror, dan membantai meski mereka berjumlah sedikit. Website ini menyajikan berbagai berita nasional, internasional, dan kajian Islam, serta berbagai rubrik menarik lainnya dengan cara penyajian yang seimbang, jujur dan tajam.

Mungkin, rubrik yang disukai saya dalam website ini adalah Tabayun (check and Recheck) karena ditulis dengan gaya penulisan yang mudah dipahami, jujur, terbuka dan transparan khususnya berita tentang konflik di Suriah yang disebabkan oleh Kaum wahabi seperti ISIS, ISIL, Jabhat al Nushra (Front Nusra), FSA, dan kelompok radikal lainnya.

8. Mosleminfo.com | Media Islam Terpercaya (tidak aktif)

9. Cyberdakwah.com | Media Islam Terdepan

Kantor berita website ini berada di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'yah (PPSS) Asembagus, Situbondo, Jawa Timur dikelola para mahasiswa dan alumni Ma'had Aly Institute Agama Islam Ibrahimy (IAII). Website yang diluncurkan pada 8 Maret 2013 ini fokus syi'ar dunia pesantren dan menyuarakan keilmuan ala Nahdlatul Ulama guna melawan sejumlah wacana dari kalangan Islam kanan (Wahabi = Khawarij) maupun kiri (JIL = Jaringan Islam Liberal = Jama'ah Iblis Laknatullah).



Muhammad Taufiq Maulana (mahasiswa S2 di IAII asal Pontianak) dibantu 5 kru mengelola website ini dengan rubrik yang disajikan seperti hukum, Indonesia, dunia, pendidikan, pesantren, sastra, cinta, remaja, dawuh kyai, juga melayani sejumlah pertanyaan dari pengunjung website ini. Tagline situs ini adalah "Media Islam Terdepan".

10. Nu.or.id | Situs Resmi Nahdlatul Ulama




11. Muslimedianews.com | Media Islam |Voice of Muslim


 Situs Islam ini resmi diluncurkan pada 1 Syawal 1434 Hijriah (8 Agustus 2013 Masehi) atau bertepatan dengan Hari Raya Idhul Fitri.

12. Quranforandroid.com | Quran for Android



Sebuah komunitas Muslim Indonesia yang berdiri sejak tahun 1993. Banyak agenda dan kegiatan yang telah, sedang dan akan dilakukan seperti bakti sosial, peduli sekolah, peduli korban bencana, kajian umum, rihlah, pecinta alam, silaturahim, dan kerjasama dengan berbagai pihak. Tercatat pada tahun 2013, komunitas ini mempunyai 80 ribu lebih anggota di seluruh Indonesia dan manca negara.

13. Islami.co | Situs Islam damai Indah Mencerahkan, Islam rahmatan lil Alamin, Damai Sejuk Mencerahkan


14. Nabawia.com | Portal dan Situs Berita Islam Indonesia dan Dunia, Terbaru, Terkini, dan Terdepan (tidak aktif)

15. Media-Islam.or.id | Belajar Islam sesuai al Qur'an dan Hadits

16. Majalah-Alkisah.com | Majalah Islam Online (tidak aktif)

17. Elhooda.net | Ngaji Yuk!

18. RumahIslam.com | Ensiklopedia Islam | Mari bersama belajar menbangun Islam

Sebuah situs internet yang bercita-cita menyediakan media pembelajaran Islam (dan hal yang berkaitan dengannya) melalui internet secara menyeluruh dan pengaturan yang mudah bagi yang awam.

19. Taklim.net | Ceramah Agama Islam | Kajian Islam




20. KabarIslamia.com | Kabar tentang Dunia Islam


Situs ini menyajikan berita-berita yang terjadi di dunia Islam termasuk di Timur Tengah dengan jujur dan mengupas lebih dalam ajaran Islam khususnya ajaran radikal yang mengatasnamakan Islam seperti Wahabi yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahab atas dukungan Muhammad bin Saud, pendiri Kerajaan Wahabi Arab Saudi.

Mengapa saya menyebut 20 Situs Islam tersebut sebagai 20 Situs Islam Terbaik dan Terpercaya ???

Hal ini karena:

1. Media-media Islam Online tersebut menyajikan berita dan kajian Islam yang lebih dalam, jujur, netral, terbuka, dan menunjukkan bahwa Islam sebagai agama rahmat bukan seperti apa yang dituduhkan oleh orang-orang anti Islam.

2. Jika berita atau artikel yang disajikan oleh 20 situs Islam tersebut disebarkan khususnya melalui facebook oleh para pengunjungnya, tidak menyebabkan emosi yang meledak-ledak sehingga mengeluarkan ancaman, buruk sangka, penghinaan atau kata-kata kasar lainnya.

3. Meluruskan berita atau peristiwa seputar Islam yang dibengkokkan oleh beberapa pihak termasuk oleh orang-orang yang mengaku Muslim.

4. Menunjukkan bahwa Islam sebagai ajaran yang sangat menghargai keberagaman khususnya di Indonesia

5. Membantah berita-berita atau beragam artikel yang menyudutkan Islam dan alasan-alasan saya lainnya.

Sesungguhnya masih banyak situs-situs Islam terbaik dan terpercaya lainnya tapi saya hanya menyebut 20 situs Islam karena tak mungkin disebutkan dalam blog ini mengingat waktu saya bukan dihabiskan untuk mengurus blog ini dan saya tak mempunyai banyak sumber referensi terpercaya.

Bagaimana pendapat Anda ???