Tuesday, 8 April 2014

Bangsa Arab, Inggris dan Pengkhianatan


Kerajaan Inggris menjanjikan pada Bangsa Arab untuk menyatukan mereka di bawah pemerintahan Syarif Husain bin Ali di Mekah dengan syarat mereka harus melawan Kekhalifahan Utsmaniyah dan munculnya Pan Arabisme dalam Perang Dunia I (1914-1918). Setelah Bangsa Arab melepaskan diri dari Kekhalifahan Utsmaniyah, Inggris merestui Bangsa Yahudi untuk mendirikan Negara Israel di Palestina melalui Perjanjian Balfour (1917). Hal ini membuat Bangsa Arab merasa dikhianati oleh Inggris.


Namun saat Bangsa Arab menginginkan Khilafah dan mengangkat Syarif Husain bin Ali (1856-1931) sebagai Khalifah, Abdul Aziz bin Saud (Ibnu Saud) bersama pasukannya menghancurkan Kerajaan Hijaz dan berdirilah Kerajaan Arab Saudi sampai sekarang. Syarif Husain bin Ali dijadikan raja di Yordania dan sampai sekarang Kerajaan Yordania masih berdiri.

Keberhasilan Sekutu khususnya Inggris dalam peristiwa ini :


1. Memisahkan Umat Islam dari Kekhalifahan Utsmaniyah khususnya dari Bangsa Arab

2. Menghancurkan Kekhalifahan Utsmaniyah (1299-1923) melalui bantuan Bangsa Arab dan para pemuda Turki pimpinan Kemal Pasha Attaturk

3. Menjadikan Bangsa Arab menjadi beberapa negara yang saling bermusuhan meski 1 agama, 1 bahasa dan 1 bangsa

4. Mendirikan Negara Israel yang selalu ditentang oleh Umat Islam

5. Mengeksploitasi SDA di negara-negara Arab

Untuk tetap menyatukan Bangsa Arab maka Liga Arab pun didirikan pada 22 Maret 1945 oleh Mesir, Irak, Yordania, Lebanon, Arab Saudi, Suriah dan Yordania dan ada 22 negara Arab yang menjadi anggotanya.

Para ahli hubungan internasional menganggap Liga Arab hanya sebagai kepanjangan kapitalisme, imperalisme dan menjadi kaki tangan Zionisme tanpa disadari oleh Bangsa Arab sendiri.

Siapa yang berkhianat, dia akan dikhianati atau mendapatkan pembalasan yang setimpal !!

Semoga kita bisa ambil hikmahnya :-)
menarik, bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...