Sunday, 24 November 2013

Mengapa Sering Terjadi Tawuran Antar Pelajar ???

Gambar : Ilustrasi Tawuran Pelajar
Sumber : syawal88.wordpress.com

ألحمدالله, kita masih hidup sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang semoga bermanfaat dan tak merugikan siapa pun... Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi informasi Mengapa sering terjadi tawuran antar pelajar ???, silakan simak....
Pada minggu terakhir ini, tawuran antar pelajar semakin sering terjadi dan semakin mengkhawatirkan siapa saja termasuk orang tua dan guru-guru kita. Bagaimana tidak ??? Mereka tega menyerang, menyiksa, merusak dan bahkan membunuh lawan-lawan mereka. Jika kita biarkan atau tidak ada aksi nyata untuk mengurangi dan menghilangkan perilaku agresif ini, dunia pendidikan kita bisa semain rusak dan semain banyak kerugian yang menimpa kita. Tidak bijak bila kita hanya selalu menyalahkan para pelajar yang terlibak dalam aksi tawuran tanpa intropeksi diri. Mengapa sering terjadi tawuran antar pelajar ???. Saya yakin ada ada penyebabnya sehingga para pelajar sering terlibat dalam aksi tawuran. Inilah beberapa penyebabnya :
1. Jam matapelajaran Pendidikan Agama Islam (atau juga matapelajaran agama lainnya) lebih sedikit dibandingkan dengan matapelajaran-matapelajaran lainnya seperti matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi dan sebagainya. Misalnya, jam pendidikan agama paling lama sekitar 4 jam pelajaran (180 menit) sedangkan jam matapelajaran lainnya lebih dari 4 jam per minggu. Inilah bentuk sekulerisasi dalam pendidikan di Negara Indonesia. Ini pula yang membuat para pelajar kurang mengenal atau kurang mempraktekan ajaran agama dalam kehidupan mereka sehingga mereka terkesan lupa pada Tuhan Yang Maha Pencipta.

2. Seringnya guru tidak masuk atau bahkan tidak memberikan tugas yang wajib dikumpulkan pada hari itu juga membuat mereka melakukan hal lain yang tak bermanfaat seperti tawuran.

3. Guru menyampaikan materi atau hanya mengajar para muridnya dengan mengejar target kurikulum pendidikan sehingga kurang dipahami dan membosankan sehingga mereka mencari tantangan di luar sekolah.

4. Betapa longgarnya pengawasan dari para guru dan orang tua tapi tidak juga harus over protective.

5. Penanaman norma agama dan budi pekerti yang kurang sehingga meskipun mereka berpendidikan tapi berkelakuan amoral.

6. Para pelajar dituntut untuk berprestasi di bidang akademik tanpa tituntuk untuk taat beragama dan moral. Dengan kata lain, kebutuhan rohani yang seharusnya terpenuhi di lingkungan pendidikan menjadi hampa.

7. Pihak sekolah kurang tegas dalam mendidik dan mengatur para pelajar sehingga dapat diremehkan oleh para pelajar.

8. Banyak orang termasuk guru itu sendiri yang beranggapan bahwa tugas guru hanya untuk mengajar. Jika iya, maka para pelajar hanya pandai dalam teori tapi dalam prakteknya lemah sehingga mereka tidak terdidik dalam tingkah laku mereka. Bukankah pendidikan sebagai ajang transfer ilmu dari orang yang berilmu (guru) kepada orang yang belum berilmu (murid) ?? Tugas guru juga mengarahkan, membimbing dan juga mendidik para muridnya sehingga dapat menjadi generasi emas penerus bangsa ini.

9. Pelajar itu dalam masa pubertas dan pencarian jati diri. Bila mereka menemukan bahwa sisi negatif sebagai bagian dari jati diri mereka maka mereka akan menganggapnya sebagai kebiasaan yang mendarah daging dan tentu ini membuat kita semakin khawatir.

Para pelajar itu seperti kertas putih yang masih bersih sehingga guru yang akan menentukan mereka kelak. Jika guru sebagai orang yang dihormatinya saja bisa berlaku bejat, bagaimana dengan muridnya ??? Ada pepatah mengatakan bahwa guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Sekecil apa pun yang dilakukan gurunya maka akan dilakukan oleh muridnya lebih jauh lagi.

Tawuran antar pelajar hanya akan menimbulkan kerugian bila kita tidak mencegahnya. Padahal Rasulullah melarang keras untuk merugikan siapa pun. Sebagaimana dalam al Hadits :
عن أبى سعيد بن مالك بن سنان الخدرى رض الله عنه أن رسول الله صل الله عليه وسلم قال "لا ضرر ولا ضرار"
Artinya :
Dari Abu Sa'id bin Malik bin Sinan al Khudriy radhiallahu'anhu bahwa Rasulullah bersabda, "Janganlah membuat kerugian pada diri sendiri dan kepada orang lain" [Hadits hasan yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Daruquthniy dan yang lainnya dengan sanad (musnad) dan diriwayatkan oleh Malik dalam Muwatha' secara mursal dari Amr bin Yahya dari bapaknya dari Rasulullah dengan meniadakan Abu Sa'id. Hadits ini mempunyai beberapa jalur yang saling menguatkan satu dengan yang lainnya]
Saya pikir hanya ini yang dapat saya tulis dan semoga bermanfaat. Saya mohon maaf bila ada yang salah...

11 Julukan Negara Indonesia


ألحمدالله, kita masih hidup sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang semoga bermanfaat dan tak merugikan siapa pun... Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi informasi tentang 11 Julukan Negara Indonesia, silakan simak....

1. Jamrud Khatulistiwa


Julukan ini karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan juga pemandangan alamnya yang menghijau dan sejuk yang diberikan oleh orang-orang Muslim Arab yang menyebarkan Islam pada abad ke-7 hingga abad ke-13. Indonesia memang memukau dengan alamnya yang luar biasa.
2. Negara Agraris
Sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani dengan lahan yang subur. Oleh karena itu, Spanyol. Portugis dan Belanda tercatat pernah menjajah negeri ini pada abad pertengahan.
3. Negara Maritim
Sekitar 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan dan sisanya adalah daratan. Laut Indonesia terkenal dengan hasil lautnya yang beragam dan banyak dan juga pemandangan bawah lautnya sungguh indah. Sejarah mencatat, Kerajaan-kerajaan kuno pernah jaya dan makmur karena mengelola laut dengan armada lautnya yang kuat sebelum kedatangan Bangsa Barat.
Kesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Malaka, Kesultanan Samudera Pasai, Kesultanan Ternate, Kesultanan Makassar (Kesultanan Gowa-Tallo), Kesultanan Tidore, Kesultanan Banjar, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Bali, Kerajaan Majapahit, Kesultanan banten, Kesultanan Mataram, dan beberapa kerajaan lain tercatat dalam sejarah menjadikan laut sebagai sarana untuk membangun dan mengembangkan kerajaan mereka. Portugis dan Belanda pernah dikalahkan oleh beberapa kesultanan seperti Kesultanan Aceh Darussalam di lautan. Ayo, kita bangun kejayaan Indonesia melalui laut.
4. Nusantara
Julukan ini diberikan oleh Kerajaan Majapahit dengan armada lautnya yang kuat di bawah pimpinan Mpu Pala dengan rajanya Hayam Wuruk dan pastinya, Patih Gajah Mada yang terkenal itu.
5. Negara 1000 Candi
Candi di Indonesia yang terkenal adalah candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia yang dibangun oleh Dinasti Sailendra, dan Candi Prambanan. Namun juga ada Candi Kidal sebagai tempat dimakamkannya Anusapati dari Kerajaan singhasari dan candi-candi lain yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya di Sumatera, Jawa dan Bali.
6. Negara 1000 Pulau

Indonesia adalah negara yang mempunyai pulau terbanyak di dunia dengan jumlah lebih dari 13 ribu pulau dan pulau yang terkenal adalah Sumatera, Jawa, Bali, Madura, Kalimantan, sulawesi, Kepulauan Maluku dan pulau-pulau lainnya.

7. Negara Mega Biodiversitas

Kekayaan hayati di Indonesia sudah terkenal ke penjuru dunia sehingga tidak diragukan lagi bahwa Indonesia cocok sebagai negara terkaya dengan kekayaan hayatinya. Tahukah Anda bahwa kebanyakan spesies di Indonesia adalah 300 spesies mamalia, 7500 sepesies burung, 7800 spesies alga, 72000 spesies jamur, 1250 spesies tanaman paku, 7500 spesies lumut, dan spesies lainnya. Sekitar 65% adalah spesies primata di Pulau Mentawai seperti Macaca pignensis, Simias cocolor, Hylobates klosii, dan Presbytis potenziani.
Dari Hutan Hujan Tropis di bagian barat hingga ke bagian timur Indonesia dengan savanna dan padang rumputnya menjadikan Indonesia kaya hayati. Garis Wallace membagi wilayah bagian barat dan Garis Webber membagi wilayah bagian timur berdasarkan penyebaran spesies faunanya. Sungguh, Indonesia adalah negara dengan pemadangan terindah di dunia.

8. Garuda

Julukan ini hanya pantas untuk Negara Indonesia karena mempunyai lambang burung garuda dengan Pancasila yang menempel di patung burung garuda. Tidak heran bila kesebelasan sepakbola Indonesia sering disebut sebagai kesebelasan garuda.
9. Paru-paru Dunia
Indonesia mempunyai Hutan Hujan Tropis yang tersebar di seluruh pulau seperti di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Papua dan juga pulau-pulau lainnya. Jika hutan di Indonesia ditebang sedikit saja maka akan mempercepat kenaikan suhu dan tentu, sangat berbahaya bagi manusia dan alam. Ayo, kita jaga hutan kita...
10. Populasi Muslim Terbesar di Dunia.
Sebagian besar negara yang dihuni oleh kebanyakan Umat Islam adalah negara-negara Afrika seperti Maroko, Tunisia, Libia, Mesir, negara-negara Timur Tengah seperti Palestina, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Irak, Kuwait dan hingga ke Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunai Darussalam termasuk Indonesia.
Tercatat, jumlah Muslim yang berangkat haji dan umrah terbanyak adalah Umat Islam dari Indonesia dan sekitar 230 juta jiwa menjadi penduduk Indonesia dengan mayoritas penduduknya adalah Umat Islam yang sangat toleran kepada minoritas. Hari Raya Non Muslim juga menjadi hari libur nasional dan berdirinya tempat-tempat ibadah. Gereja sebagai tempat ibadah Umat Kristen mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dan lebih cepat dari pertumbuhan jumlah Masjid yang kebanyakan dibiayai oleh para pengusaha Kristen keturunan Cina meski pemeluknya masih minoritas. Ini sekian bukti bahwa Umat Islam di Indonesia sangat toleran terhadap minoritas.
11. Macan Asia Tertidur


Dulu, sebelum dijajah oleh Belanda, Indonesia tercatat sebagai wilayah yang mempunyai tanah yang sangat subur dengan rempah-rempahnya sehingga membuat Bangsa Barat melakukan penjajahan di negeri ini. Setelah merdeka pun, Indonesia dapat mempengaruhi dunia. Perkumpulan negara-negara Asia dan Afrika pernah diadakan oleh Indonesia pada zaman pemerintahan Presiden Sukarno yang menghasilkan Non Blok dan pernah mengalahkan Tentara Sekutu yang menginginkan Indonesia dijajah lagi oleh Belanda dan juga menjadi penggerak pembahasan masalah-masalah di Asia .
Sesungguhnya, julukan asli untuk Indonesia adalah Macan Asia namun karena kasus korupsi yang berkepanjangan membuat negara ini menjadi lemah di bidang ekonomi. Para petinggi negara-negara lain percaya bahwa Indonesia bisa menjadi Negara Adidaya di dunia.

Sejarah Perjuangan Sarekat Islam

Gambar : Lambang SI

ألحمدالله, kita masih hidup sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang semoga bermanfaat dan tak merugikan siapa pun... Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi informasi tentang Sejarah Perjuangan Sarekat Islam, silakan simak....
Seorang pengusaha batik dari Kota Solo bernama Haji Samanhudi mendirikan organisasi batik pribumi untuk menghadapi persaingan dengan para pedangan Cina pada akhir tahun 1905 dengan nama Sarekat Dagang Islam (SDI) dengan corak pergerakan agama dan ekonomi di Solo. Namun diganti menjadi Sarekat Islam (SI) pada 10 September 1912.
Faktor utama dari perkembangan organisasi SI yang mengunakan asas keislaman membuat penduduk Indonesia menyakini bahwa SI sebagai organisasi pembela kepentingan Umat Islam. Pada 26 Januari 1913, H.O.S. Tjokrominoto (baca : Cokrominoto) mewakili SI dengan tegas menyatakan tujuannya untuk memajukan perdagangan, membantu pengajaran, memperbaiki pendapat yang keliru tentang Agama Islam dan hidup sesuai Syariat Islam.
Sifat yang terbuka dan merakyat membuat SI berkembang pesat dengan cabang dan anggotanya tersebar di mana pun dalam waktu singkat dan menjadi organisasi massa yang cukup besar pada zamannya. Awalnya, SI tidak berjuang di bidang politik namun dalam perkembangannya, SI menuntut pemerintah Belanda yang menjajah Indonesia agar dapat berlaku adil dan tidak berlaku sewenang-wenang.

Gambar : H.O.S. Tjokrominoto

H.O.S. Tjokrominoto terpilih sebagai ketua SI dan menyatakan bahwa SI akan bersifat kooperatif terhadap Belanda pada Kongres Pertama SI di Yogyakarta pada 18-20 April 1914. Beberapa anggota SI seperti H.O.S. Tjokrominoto dan Haji Agus Salim mempertahankan sikap kooperatif dalam Volksraad (Dewan Rakyat). Namun ternyata bahwa Volksraad dianggap tidak dapat memperjuangkan kemerdekaan membuat beberapa anggota SI mengundurkan diri. Sejak saat itu, SI menggunakan strategi non kooperatif terhadap penjajah.
Pada tahun 1915, dibentuk Central Sarekat Islam (CSI) dengan tujuan memajukan dan memelihara kerja sama antar SI lokal. Kemudian diadakan kongres lanjutan di Bnadung pada Juni 1916. Sebagai ketua SI, H.O.S. Tjokrominoto mengkritik praktek penjajahan oleh Belanda yang tak menghormati hak asai manusia di Indonesia. dan menuntut agar para wakil rakyat Indonesia diberi kesempatan untuk duduk dalam pemerintahan.
SI masih tetap menyetujui aksi parlementer-revolusioner dan mencita-citakan suatu pemerintahan nasional Indonesia pada kongres SI pada 20-27 Oktober 1917 di Jakarta. Semaun, seorang tokoh revolusioner sosialis memanfaatkan SI untuk kepentingan politik tertentu dan mengubah tujuan SI menjadi membentuk pemerintah sendiri dan berjuang melawan penjajah dan kapitalisme. SI terancam mengalami perpecahan karena sistem keanggotaan rangkap dan kegiatan anggota SI terlalu dominan di bidang politik dalam memasuki tahun 1920.

Gambar : Haji Agus Salim

Haji Agus Salim (1884-1954) dan Andul Muis mengemukakan bahwa SI melaksanakan disiplin partai seperti pada organisasi atau partai politik pada kongres di Yogyakarta tahun 1921 agar anggota SI tidak terikat dengan organisasi lain. Akibatnya, Semaun dan Darsono dikeluarkan dari organisasi SI. Hal ini yang memunculkan SI Merah yang dipimpin oleh Semaun dengan asas komunis dan SI Putih yang dipimpin oleh H.O.S. Tjokrominoto (1883-1934) dengan asas Islam dan juga membuat anggota yang menghendaki kegiatan SI bergerak lebih dominan di bidang politik mengundurkan diri dari keanggotaan SI. Pada kongres SI pada Februari 1923, SI memutuskan untuk menggunakan strategi kooperatif terhadap pemerintah Belanda sebagai penjajah di Indonesia dan mengganti nama menjadi Partai sarekat Islam (PSI).
SI Merah yang dipimpin oleh Semaun menjadi Sarekat Rakyat di bawah naungan PKI (Partai Komunis Indonesia). PSI menyatakan tujuan perjuangannya untuk mencapai kemerdekaan nasional pada kongres 1927 yang menyebabkan PSI menggabungkan diri dengan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI).
Kemudian PSI berkembang menjadi Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) yang diketuai oleh Haji Agus Salim yang menunjukkan tujuan perjuangan kebangsaan Indonesia. Namun, strategi kooperatif dan nonkooperatif selalu dipertentangakan dalam tubuh organisasi PSII. Partai tersebut tidak dapat lagi mempertahankan keutuhan organisasinya sebab sebagian besar anggota partai mengundurkan diri untuk memasuki partai lain atau mendirikan partai baru.
Saya pikir hanya ini yang dapat saya tulis dan semoga bermanfaat. Saya mohon maaf bila ada yang salah...

17 Dampak Negatif Kecanduan Game Online

Gambar : Ilustrasi Game Online

ألحمدالله, kita masih hidup sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang semoga bermanfaat dan tak merugikan siapa pun... Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi informasi tentang 17 Dampak Negatif Kecanduan Game Online, silakan simak....
Allah Ta'ala berfirman,
وما هذه ا لحيوه الدنيآإلالهوولعب؛وإن الدارالأخرة لحى اليوان؛لوكانويعملون
Artinya :
"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan kalau mereka mengetahui" ]QS. Al Ankabut (29) : 64]
Mungkin Anda tidak asing dengan istilah Game Online, benar ??? Mungkin juga Anda sebagai seorang penggunanya di antara ribuan orang di seluruh dunia. Ya, Game Online adalah sejenis game yang terhubung dengan internet. Game ini dapat digunakan oleh lebih dari 2 orang dan bahkan dalam waktu yang bersamaan, ribuan pengguna memainkannya. Game Online semakin cepat berkembang dan semakin banyak penggunanya dari berbagai kalangan termasuk para pelajar.
Sesungguhnya, Game Online diciptakan untuk menghilangkan stres bagi para penggunanya namun sekarang Game Online membuat resah dan khawatir bagi para orang tua dan guru-guru kita. Bagaiman tidak ? Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar dan uang untuk jajan tapi mereka menggunakannya untuk bermain game. Tidak bijak jika kita suka pada sesuatu tapi kita menampik sisi negatifnya, dalam hal ini, Game Online.
Ternyata, Game Online yang sering kita atau para pelajar mainkan mempunyai dampak negatif yang mengkhawatirkan.... Tak heran bila orang tua kita sangat mengkhawatirkan kita. Baik, saya mencoba berbagi pengetahuan tentang 17 dampak negatif kecanduan Game Online. Inilah 17 dampak negatif kecanduan Game Online :
1. Mereka bisa lupa segalanya seperti lupa makan, lupa tidur, lupa belajar, lupa beribadah, lupa pulang, dan bahlan rela mencuri hanya untuk memainkan Game Online
2. Mereka hanya ingin bermain Game Online sehingga mereka tak dapat melepaskan diri dari kecanduan game tersebut
3. Kilatan cahaya dan pola gerakan karakter-karakter dalam game dapat mempengaruhi pandangan mata
4. Mata akan berkurang daya penglihatannya karena syaraf mata dan otot mata menjadi tegang yang diakibatkan terlalu lama digunakan untuk melihat atau menonton game atau juga TV
5. Bermain playstation atau game lain yang menggunakan joystick akan membuat jempol (ibujari) menjadi bengkak
6. Keybord komputer atau PC akan cepat rusak karena sering ditekan terlalu keras
7. Game Online perang atau game kekerasan menimbulkan fantasi dan perilaku yang lebih agresif sehingga membuat para pengguna cepat marah atau emosional
8. Menghamburkan uang dan bahkan nekat mencuri agar tetap bermain game
9. Sulit membedakan antara dunia nyata dan dunia maya
10. Parahnya, para pengguna dapat melakukannya di dunia nyata seperti membunuh, menyetir kendaraan dengan kecepatan tinggi atau berperilaku yang meresahkan lainnya
11. Meskipun Game Online mengasyikkan tapi ternyata tidak ada interaksi sosial secara langsung dengan lawan mainnya
12. Organ-organ tubuh kita seperti jantung, ginjal atau otak dapat rusak sehingga dapat menyebabkan kematian. Ingat, tubuh kita bukan seperti robot yang selalu digunakan tanpa henti. Tubuh kita membutuhkan energi dan istirahat yang cukup.
13. Mereka merasa berat dan malas untuk beribadah dan bahkan mereka dapat lupa pada Tuhan Yang Maha Pencipta
14. Minat belajar merosot berkurang yang dapat menyebabkan prestasi merosot
15. Rela bolos sekolah atau tidak bekerja hanya ingin bermain game
16. Mereka dapat menjadi individu yang tertutup dan mudah emosi
17. Mereka dapat menjadi asosial (anti sosial) karena jarang berinteraksi dengan orang-orang dan betah selama berjam-jam untuk bermain game
Daripada menggunakan waktu untuk hal yang tak bermanfaat, lebih baik kita gunakan untuk hal yang bermanfaat lainnya, sebagaimana dalam al Hadits :
عن أب هريرة رضالله عنه قال : قال رسوالله صل الله عليه وسلم "من حسن إسلام المرءتركه مالاعنيه"
Artinya :
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu'anhu bahwa Rasulullah bersabda, "Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya" [Hadits hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi dan lainnya]
Allah Ta'ala menjamin orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada artinya sebagai orang-orang yang beruntung, sebagaimana firman-Nya :
قد أفلح المؤمنون (1) الذين هم ف صلاتهم خشعون (2) والذين هم عن الغومعرضون(3)
Artinya :
"Sungguh beruntunglah orang-orang beriman yaitu orang yang khusu' dalam shalatnya dan orang yang berjuang dengan sungguh-sungguh menahan diri dari perbuatan yang sia-sia" [QS. Al Mukminun (23) : 1-3]
Ingat, kita hidup di dunia ini bukan untuk menghabiskan waktu, tenaga, pikiran dan uang dengan bermain game saja tapi kita gunakan apa yang kita punya dengan lebih bijak dan bermanfaat. Saya tak melarang Anda atau siapa saja untuk bermain game. Itu hak Anda. Saya pikir hanya ini yang dapat saya tulis untuk Anda. Saya berharap artikel yang saya tulis dapat bermanfaat dan saya mohon maaf bila ada yang salah.

Penulis : Adi Selamet
Terbit : 24 November 2013

5 Sifat Penyebab Korupsi

Gambar : Anti Korupsi
Sumber Gambar : koruptor-indonesia.blogspot.com

Setiap hari, di negara kita diberitakan para pejabat yang terlibat kasus korupsi. Korupsi pula yang menyebabkan kerugian negara yang sangat besar di berbagai bidang, khususnya dalam bidang ekonomi dan kepercayaan rakyat pada pemerintah. Ya, korupsi adalah sebuah perbuatan tercela yang menyalahgunakan kepercayaan publik agar dapat menguntungkan pribadi atau kelompoknya. Dengan kata lain, korupsi itu cara haram untuk menguntungkan diri sendiri atau kelompoknya. Kita sadar atau tidak, ternyata ada 5 sifat penyebab korupsi. Tentu, bila kita mau mendekatkan diri kepada Tuhan, Insya Allah kita akan terhindar dari korupsi. Berikut ini 5 sifat penyebab korupsi :

1. Berkhianat dan tidak jujur

Gambar : Dilarang berkhianat
Sumber : sesukakita.wordpress.com

Jujur dan amanah adalah sifat yang harus dimiliki oleh siapa pun khususnya para pejabat. Pada saat dilantik, para pejabat bersumpah atas nama Kitab Suci sesuai agama masing-masing. Namun, setelah berkuasa para pejabat berlomba-lomba untuk korupsi. Puluhan hingga ribuan kasus korupsi belum terungkap dan pastinya, berapa triliun uang negara yang dirugikan akibat korupsi ? Dan anehnya, para koruptor terkesan tanpa beban dan salah.
Tidak takutkah mereka pada hukuman yang diberikan oleh Tuhan ? Dalam al Qur'an, Allah memerintahkan manusia agar menjalankan amanah yang dibebankan kepadanya. Allah Ta'ala berfirman, "Wahai orang-orang beriman, janganlah kalian berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya dan (janganlah pula) kalian mengkhianati amanah-amanah, sedangkan kalian mengetahui" [QS. Al Anfaal (8) : 27]. Jujur dan amanah merupakan sifat terpuji yang semakin langkah. Maka, berikanlah amanat pada orang yang jujur.

2. Mengingkari nikmat-Nya dan tidak bersyukur

Sumber Gambar : youtube.com

Banyak orang yang miskin dan tak mampu namun mereka menjadi orang yang bersyukur kepada Tuhan. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang kaya, mampu dengan gaji yang besar setiap bulannya ? Ternyata, kekayaan, kedudukan dan pekerjaan belum tentu membuat orang bersyukur. Misalnya, seorang pegawai pajak golongan III3 bernama Gayus Tambunan mendapatkan gaji 12.1 juta Rupiah/bulan namun ia menggelapkan dana sekitar 25 miliar Rupiah yang menyebabkannya dihukum selama 30 tahun di dalam penjara. Bila bersyukur tentu ia dapat menikmati hidupnya dengan tenang. Bersyukur merupakan perintah Allah. Allah Ta'ala berfirman, "Hai orang-orang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik sebagaimana yang Kami berikan kepada kalian, dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar kalian menyembah-Nya" [QS. Al Baqarah (2) : 172]

3. Terbujuk rayuan

Gambar : Simbol Iblis sang Penipu
Sumber : mediaumat.co.id

Banyak para akivis yang belum menjadi pejabat sangat aktif menyebarkan anti korupsi melalui diskusi, sosialisasi, forum dan sebagainya. Namun siapa sangka ? Setelah mereka menjadi pejabat, mereka bisa saja tergoda untuk korupsi dan mereka lupa bagaimana aksi mereka dalam menentang korupsi. Godaan untuk korupsi bisa datang dari mana pun, siapa pun dan kapan pun. Misalnya, istri dan anak yang selalu meminta agar kebutuhan mereka dipenuhi padahal gaji suami atau ayah mereka belum dapat. Kesempatan pula yang ikut andil dalam kasus korupsi. Setiap orang bisa tergoda untuk melakukan korupsi. Allah Ta'ala mengabarkan bahwa godaan dari iblis sangat dahsyat seperti disebutkan dalam QS. Al A'raaf (7) ayat 16-17.

4. Rakus

Gambar : Rakus
Sumber : cintacuran.com

Rakus merupakan sifat tercela yang membuat manusia ingin memiliki sesuatu tanpa peduli halal atau haram. Orang yang tamak berpeluang menjadi koruptor karena haus harta meski jalan haram dilakukannya. Harta dan bermegah-megahan sangat disukai manusia tapi dapat menjerumuskan orang ke jurang dosa. Allah Ta'ala mengingatkan manusia dalam Kitab-Nya, "Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanya permainan dan senda gurau, perhiasan dan bermegah-megahan antara kamu dan berbangga-bangga tentang harta dan anak-anak seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan petani, kemudian ia menjadi kering, maka kamu melihatnya kuning, kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat ada azab yang keras, ampunan Allah dan keridhoan-Nya. Dan kehidupan ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu" [QS. Al Hadid (57) : 20]

5. Melanggar aturan

Gambar : Melanggar aturan lalu lintas
Sumber : yustisi.com

Sejatinya, aturan diciptakan agar hidup manusia menjadi teratur, tidak saling merugikan dan pastinya, agar pemerintahan sebuah negara berjalan baik. Terlambat, lupa, sakit atau lainnya dapat menyebabkan orang melanggar aturan. Dalam Islam, manusia diperintahkan agar menaati hukum dan aturan. Misalnya, Allah Ta'ala berfirman, "Hai orang-orang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan ulil amri di antara kamu" [QS. An Nisa (4) : 59]
Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu bahwa Rasulullah bersabda, "Barang siapa menaatiku, sunggu dia telah menaati Allah dan barang siapa bermaksiat kepadaku maka dia telah bermaksiat kepada Allah. Barang siapa menaati seorang pemimpin sungguh dia telah menaatiku dan barang siapa bermaksiat kepada seorang pemimpin maka dia telah bermaksiat kepadaku" [HR. Al Bukhori nomor 2737 dan Muslim nomor 3417]

Namun, tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan, sebagaimana Rasulullah bersabda, "Tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan, sesungguhnya ketaatan itu hanya dalam perkara kebaikan" [HR. Al Bukhori nomor 6716 dan Muslim nomor 3424]. Korupsi juga merupakan kemaksiatan karena telah melanggar aturan Allah. Bila ada penguasa yang korupsi, maka kita jangan taat kepadanya. Orang yang korupsi adalah orang yang melanggar aturan karena dilarang oleh hukum di negara mana pun.

Korupsi hanya akan merugikan siapa pun dan kita pun dirugikan. Mulai sekarang, ayo kita berantas sifat korupsi dalam tubuh kita sehingga bila suatu saat kita menjadi pejabat maka kita bisa menjalankan amanah tanpa beban. Ayo, berantas korupsi sampai ke akarnya demi kehidupan kita yang lebih baik. Sekian yang dapat saya tulis dan semoga bermanfaat. Saya mohon maaf bila ada yang salah dalam tulisan ini.