TERBARU

10/recent/ticker-posts

Manfaat Menghirup dan Mengeluarkan Air dalam Berwudhu



ألحمدالله, kita masih hidup sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang semoga bermanfaat dan tak merugikan siapa pun... Dalam kesempatan ini, Adi ingin berbagi informasi seputar Manfaat Menghirup dan Mengeluarkan Air dalam Berwudhu, silakan simak....
Wudhu adalah cara Umat Islam untuk membersihkan diri untuk menjalankan perintah Allah, yaitu shalat. Wudhu adalah cara efektif membersihkan diri dari kotoran yang dapat menyebabkan penyakit. Wudhu adalah salah satu dari ajaran Agama Islam yang diajarkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam selama lebih dari 14 abad dan hingga kini, ajaran itu selalu dilaksanakan oleh Umat Islam di seluruh dunia. Dapat dikatakan, wudhu adalah mandi kecil karena hanya anggota tubuh tertentu yang disucikan yaitu telapak tangan, mulut, hidung, wajah, kedua tangan hingga siku, kepala, kedua telinga dan mata kaki. Perintah berwudhu disebutkan dalam ayat-ayat al Qur'an seperti dalam Surah al Maidah ayat 6 dan beberapa al Hadist.
Allah Ta'ala berfirman,
"Hai orang-orang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah wajahmu, dan tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamudan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalan atau kembali dari tempat buang air (toilet) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah wajahmu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur" [QS. Al Maidah (5) : 6]
Saya sangat penasaran, mengapa saat berwudhu harus menghirup air (istinsyaq - إستنشق) dan mengeluarkannya (istintsar - إستثر) ?? dan manfaatnya apa saja untuk kesehatan ??? الحمدالله akhirnya saya menemukan hikmahnya dan ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, tubuh manusia.
Kotoran dapat masuk ke dalam tubuh salah satunya melalui lubang hidung. Berbagai kotoran dan debu dapat terhirup oleh hidung, apalagi saat ini banyak sekali polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dapat menyebakan kesehatan terganggu. Oleh sebab itu, kita harus menjaga dan merawat kebersihan tubuh agar terhindar dari penyakit. Salah satu caranya adalah dengan wudhu, air dihirup oleh hidung kita kemudian dikeluarkan lagi. Air yang dihirup oleh hidung saat berwudhu dan dikeluarkan lagi adalah sunnah dan cara ini sangat efektif untuk menangkal penyakit pernapasan seperti TBC, dan penyakit pernapasan lainnya.
Bila kita berwudhu dengan baik dan benar maka manfaatnya dapat kita rasakan, yaitu terhindar dari penyakit. Inilah hikmah dan manfaat dari berwudhu khususnya menghirup air (istinsyaq - إستنشق) dan mengeluarkan air melalui hidung (istintsar - إستثر) :
1. Permukaan rongga hidung tampak bersih, cemerlang, dan tidak berdebu
2. Pertumbuhan jumlah kuman relatif tak ada
3. Menghilangkan kuman yang dapat menyebabkan radang paru-paru, panas rumatik, penyakit rongga hidung, sinusitis, influenza, bronchitis dan penyakit lainnya. dan masih banyak manfaat lainnya....
Namun, perlu diingat, hidung merupakan reseptor penciuman (sel-sel olfaktoris) yang lebih peka daripada reseptor pengecap (lidah) yang dapat membedakan lebih dari 10 ribu macam bau. Saluran pernapasan pada hidung terletak pada lapisan selaput lendir yang dapat menerima rangsangan berupa bau atau oflaksi oleh sel pembau. Sel pembau mempunyai rambut halus yang dihubungkan dengan urat syaraf melalui tulang saringan dan bersatu menjadi urat syaraf elfektori menuju pusat pencium bau otak. Indera ini dapat membantu indera pengecap (lidah) menaikkan selera makanan. Inilah bukti kerja sama antara hidung sebagi indera pembau dan lidah sebagai indera pengecap yang membuat kita nafsu makan dan minum.
Jika hidung tidak dirawat dan juga dicuci maka dapat membahayakan tubuh kita. Kita dapat kehilangan nafsu makan, dan munculnya beragam penyakit. Memang terlihat sepele tapi dapat berkibat fatal. Beruntunglah Umat Islam karena mempunyai ajaran yang benar dan baik dan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, seperti wudhu.....
Sekian tulisan ini dan semoga bermanfaat....

Posting Komentar

1 Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang Anda baca. Pemilik blog ini tidak bertanggung jawab atas apapun komentar Anda.