Thursday, 17 October 2013

25 Fakta Unik tentang Nabi Muhammad SAW Sebelum Menjadi Rasul

Penulis : Adi Selamet

Terbit : 17 Oktober 2013

Diperbarui : 18 Februari 2018 (2 Jumadil Akhir 1439 H)


Sumber gambar : en.wikipedia.org
Keterangan : Wallpaper bertuliskan Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم


Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib صل الله عليه وسلم adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus oleh Allah Ta'ala. Beliau lahir di Mekah pada 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah (20 April 571) dan meninggal pada 12 Rabiul Awwal 11 Hijriah (8 Juni 632) dalam usia 63 tahun.

Selama 23 tahun semenjak menjadi Nabi dan Rasul, beliau berjuang tak mengenal lelah dan derita untuk menegakkan Ajaran Islam. Islam adalah agama universal, untuk seluruh dunia. Islam bukan hanya unyuk orang-orang Arab atau orang-orang di Timur Tengah.

Allah Ta'ala berfirman,



Artinya :

"Kami tidak mengutusmu (Muhammad صل الله عليه وسلم) kecuali untuk seluruh dunia" [QS. Al Anbiya (21) : 107]

Sebelum Islam yang dibawa oleh Rasulullah صل الله عليه وسلم, Bangsa Arab yang terdiri dari berbagai kelompok, suku dan kabilah selalu berperang dan bermusuhan. Namun, hanya dalam waktu singkat, angsa Arab menjadi bersatu teguh dalam Ajaran Islam.

Bangsa Arab Muslim pun maju dan berkembang menyaingi peradaban yang telah hadir sebelumnya seperti peradaban Romawi dalam Kerajaan Romawi, peradaban Persia dalam Kerajaan Persia dan berbagai peradaban lainnya di muka bumi.

Bahkan, peradaban Islam lebih unggul, berkualitas dan bermartabat bila dibandingkan dengan 2 kerajaan terkuat di dunia sebelum Islam datang yaitu Kerajaan Romawi yang beribukota di Konstantinopel (kini Istabul, Turki) dan Kerajaan Persia yang beribukota di Madain (Ctesipon).

Ok, berikut ini saya ringkas beberapa fakta unik tentang Rasulullah, Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم.

1. Seperti yang saya sebutkan di atas, Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم dilahirkan pada 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah (20 April 571) di Kota Suci Mekah

2. Dinamakan Tahun Gajah karena pada tahun itu Kota Mekah diserang oleh para tentara Kristen dengan berkendaraan gajah yang dipimpin oleh Abrahah, seorang gubernur dari Kerajaan Kristen Abbessinia (sekutu Kerajaan Romawi) di Ethiopia (Habsyi) yang memerintah di Yaman.

Tujuan penyerangan itu untuk menghancurkan Ka'bah. Namun, Abrahah bersama pasukan Kristen mengalami kegagalan dan Ka'bah tetap utuh karena Allah Yang Melindungi Ka'bah dengan mengirim burung-burung Ababil yang membawa batu-batu kerikil terbakar yang kemudian pasukan Abrahah hancur seperti daun yang dimakan ulat. Hal ini dinyatakan Allah dalam firman-Nya, QS. Al Fiil ayat 1-5.

Sumber gambar : youtube.com
Keterangan : Surah al-Fiil

Artinya :

"Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? (1) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? (2) Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, (3) yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, (4) lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)(5)" [QS. Al Fiil :1-5]

3. Ibu Rasulullah صل الله عليه وسلم bernama Siti Aminah رضي الله عنها

4. Ayahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib رضي الله عنه wafat saat Rasulullah صل الله عليه وسلم masih dalam kandungan ibunya dalam usia kandungan sekitar 7 bulan.

5. Abdul Muthalib رضي الله عنه, kakeknya menyambut kelahiran cucunya dengan bahagia dan gembira dan membawa cucunya thawaf mengelilingi Ka'bah.

6. Nama Muhammad صل الله عليه وسلم diberikan oleh kakeknya Abdul Muthalib رضي الله عنه yang berarti orang yang selalu melakukan kebaikan.

7. Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم adalah keturunan Qusyai, pahlawan suku Quraisy dari golongan Arab Bani Ismail

8. Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم diberi ASI dan dirawat oleh Halimah as Sa'diyah رضي الله عنها dari Bani Sa'ad, Kabilah Hawazin hingga berusia 5 tahun.

9. Setelah Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم berusia 5 tahun, Halimah رضي الله عنها menyerahkannya kembali pada ibunya.

10. Beliau diajak oleh ibunya pergi ke Madinah dengan maksud untuk diperkenalkan pada keluarga neneknya Bani Najjar dan berziarah ke makam ayahnya.

11. Namun, dalam perjalanan pulang dari Madinah, sang ibu, Siti Aminah رضي الله عنها sakit lalu wafat dan dimakamkan di tempat yang bernama Abwa' saat beliau berusia 6 tahun.

12. Setelah pemakaman ibunya, beliau meneruskan perjalanan pulang bersama kakeknya, Abdul Muthalib رضي الله عنه dan diasuh dan dijaga oleh kakeknya.

13. Saat berusia 8 tahun, Abdul Muthalib رضي الله عنه, kakeknya wafat dalam usia 80 tahun

14. Setelah sang kakek wafat, beliau diasuh dan dijaga oleh pamannya, Abu Thalib

15. Saat Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم berusia 12 tahun, beliau ikut pamannya berdagang ke Syam (Suriah dan Yordania)

16. Dalam perjalanan, beliau dan kakeknya bertemu seorang pendeta Kristen yang alim bernama Buhaira.

Pendeta itu mengetahui tanda-tanda kenabian pada diri Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم dan berpesan pada Abu Thalib agar benar-benar melindungi dan menjaga Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم dan segera mengajaknya pulang karena khawatir akan terjadi sesuatu bila bertemu dengan orang Yahudi.

17. Pada usia 15 tahun, terjadi peristiwa bersejarah yaitu Harbul Fijar, perang yang memecahkan kesucian dan beliau berperan aktif

18. Setelah Abdul Muthalib رضي الله عنه wafat, kondisi Mekah menjadi kacau balau, tidak ada lagi jaminan keamanan bagi harta dan jiwa. Hingga akhirnya para pemuka Quraisy berinisiatif untuk memuliahkan kondisi keamanan Kota Mekah dengan melakukan sumpah bersama yang disebut Halfulfudhul.

19. Setelah dewasa, beliau berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seorang janda yang kaya, Siti Khadijah binti Khuwalid رضي الله عنها mempercayakan barang dagangannya kepada Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم, karena Muhammad صل الله عليه وسلم terkenal sebagai orang yang jujur dan terpercaya.

20. Beliau dipercaya untuk menjual barang dagangan milik Khadijah رضي الله عنها ke Syam bersama Maisarah, bujang Khadijah

21. Saat beliau berusia 25 tahun, beliau menikah dengan Siti Khadijah رضي الله عنها yang berusia 40 tahun

22. Pada usia 35 tahun, beliau mendapat gelar "Al Amin" yang berarti orang yang dapat dipercaya

23. Nama Muhammad صل الله عليه وسلم semakin terkenal di kalangan penduduk Mekah, terutama setelah beliau mampu menyelesaikan sengketa di antara para pemuka Quraisyi tentang peletakan kembali Hajar Aswad

24. Saat peristiwa besar peletakan Hajar Aswad, Fatimah az Zahra رضي الله عنها lahir, putri ke-4 Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم

25. Menjelang memasuki usia kerasulan, Muhammad صل الله عليه وسلم gemar menyiapkan diri untuk mendapatkan pemusatan jiwa yang lebih sempurna di Gua Hira yang berada di bukit Jabal Nur

Sesungguhnya masih banyak fakta-fakta tentang Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم sebelum diangkat sebagai Nabi dan Rasul terakhir oleh Allah Ta'alah tapi saya pikir hanya itu yang bisa saya bagikan kepada Anda.


Semoga bermanfaat kawan 
menarik, bermanfaat

2 komentar:

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...