TERBARU

10/recent/ticker-posts

Pendidikan, Bukan Formalitas



Sumber gambar : youtube.com
Keterangan : pendidikan adalah kunci kesuksesan


Adi Ingin Berbagi - Setiap orang di seluruh dunia ingin mendapatkan pendidikan yang tinggi dan layak tanpa terkecuali. Tidak mengherankan bila dari tahun ke tahun jumlah peserta didik mengalami kenaikan cukup drastis baik yang lulus ataupun yang baru masuk sekolah.

Banyak orang menginginkan menempuh pendidikan tinggi hingga ke luar negeri agar mendapatkan posisi jabatan tinggi dan menjanjikan dalam bekerja.

Namun, tidak sedikit peserta didik yang menganggapnya sebagai formalitas, dengan kata lain pendidikan sebagai standar gengsi semata. Misalnya, diterima di sekolah atau di Perguruan Tinggi ternama menjadi kebanggaan tersendiri termasuk bagi orang tua peserta didik.

Bagi sebagian orang, pendidikan merupakan transfer imu dari tenaga pengajar (guru) ke peserta didik di bangku sekolah.

Namun sangat disayangkan bila guru hanya menyebarkan ilmunya ke muridnya hanya sebagai tugas pendidik yang dibebankan kepadanya dan begitupun para siswa bila hanya menganggap ilmu yang didapat sebagai angin lalu atau sebagai syarat mendapatkan nilai. Maksudnya, ia akan belajar rajin bila menghadapi ujian semata tanpa memikirkan pentingnya imu yang ia pelajari di bangku sekolah.

Pendidikan sebagai jembatan untuk mencerdaskan bangsa seperti pada pembukaan UUD 1945 namun bagi sebagian orang, pendidikan adalah standar gengsi agar tidak dianggap remeh dan mendapatkan pujian semata.

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan meskipun tidak dimasukkan sebagai kebutuhan primer dalam buku-buku ekonomi namun dianggap sebagai kebutuhan yang paling penting selain kebutuhan akan papan, sandang dan pangan bagi sebagian orang sehingga bila tidak mendapatkannya mereka akan menyesal dan kecewa.

Terlepas dari itu, pendidikan sebagai kebutuhan jauh lebih penting dari sekedar "nilai" yang terdapat pada buku raport, ijazah, SKHUN ataupun sertifikat yang hanya mengejar nilai semata. Lebih dari itu, pendidikan dianggap sebagai faktor berhasil tidaknya program pemerintah karena dengan pendidikan, negara bisa berkembang dan maju dalam memenangkan persaingan global yang kian ketat.


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Jangan pernah berhenti belajar


Pendidikan sebagai kebutuhan haruslah jauh diutamakan dari sekedar gengsi semata atau formalitas belaka. Karena dengan menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan berarti ikut andil dalam pembangunan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai tujuan negara dalam pembukaan UUD 1945.

Bila kita mau saja menganggap pendidikan sebagai kebutuhan b ukan sebagai formalitas atau gengsi semata maka kita pasti serius mencari ilmu dan agar kita mendapatkan manfaatnya. Pendidikan tidak lain untuk mendapatkan ilmu yang mengantarkan kita menjadi sosok yang berguna, cerdas berkarakter, berbudaya, bermoral dan mendapatkan ridho dari-Nya melalui bangku sekolah, tempat kita menuntut ilmu.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖوَإِذَاقِيلَ انْشُزُوافَانْشُزُوا يَرْفَعِ  الله الذِيْنَ امَنُوا مِنـْكُمْ وَالّذِيْنَ اُوتُو الْعِلْمَ دَرَجَـتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْـمَلُـوْنَ خَـبِيْـر 
Artinya :
 
"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu,"Berilah kelapangan didalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan  memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah  kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat"' [Q.S Al-Mujadilah (58) : 11]


Baca juga:

👉  Pengaruh Budaya Asing terhadap Indonesia

👉 Siapakah Karl Haushofer?

👉 Bagaimana Kongres Pemuda 1928 Berlangsung?

👉 Mengapa Bisa Terjadi Tawuran?

👉 Daftar Website Islami Terpercaya

👉 Bagaimana Sejarah Islam masuk ke Libya?

👉 11 Ciri Istimewa Alquran

👉 Bagaimana Sejarah Islam di Eropa Tengah?

👉 Sejauh Mana Kamu Tahu Indonesia?

👉 Mengapa Ada Ajaran Sesat?

Posting Komentar

0 Komentar