TERBARU

10/recent/ticker-posts

Manfaat Minum Air Tawar

السلم عليكم ورحمت الله وبركةه

Sumber gambar: Freepik
Keterangan: Gadis senang minum air putih




Allah Ta'ala berfirman,

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ ۖ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

“Tidakkah kamu melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatan olehmu hujan keluar dari celah-celahnya, dan Allah juga menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakannya butiran-butiran es itu kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya dan dihindarkan dari siapa saja yang dikehendaki-Nya, kilauan kilat awan itu hampir menghilangkan penglihatan.” [QS: An-Nur (24) : 43]

وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ رِزْقٍ فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ آيَاتٌ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkanNya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya; dan pada perkisaran angin terdapat pula tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal”. [Q.S. Al-Jatsiyah : 5]

.أَفَرَأَيْتُمُ الْمَاءَ الَّذِي تَشْرَبُونَ. ءَأنْتُمْ أَنْزَلْتُمُوهُ مِنَ الْمُزْنِ أَمْ نَحْنُ الْمُنْزِلُونَ
.لَوْ نَشَاءُ جَعَلْنَاهُ أُجَاجًا فَلَوْلَا تَشْكُرُونَ

“Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan?Kalau Kami kehendaki niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur?” [Q.S. Al-Waaqi’ah : 68-70]

Air (H20) merupakan unsur penting yang dibutuhkan makhluk hidup khususnya manusia. Menurut penelitian, tubuh manusia mengandung sekitar 70% air dari tubuh manusia keseluruhan.

Artinya, air merupakan komponen penting bagi tubuh manusia agar dapat beraktivitas dengan baik. Bila sedikit saja tubuh manusia kekurangan air, maka akan berakibat fatal.

Berikut ini ada beberapa manfaat penting meminum air tawar :

1. Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh bagian dalam yang berfungsi untuk menyaring zat-zat yang dapat dibutuhkan. Dengan kata lain, ginjal berperan dalam proses metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, ginjal membutuhkan air tawar untuk tetap berkerja.

Dengan meminum air tawar, volume urine akan naik sehingga jumlah bakteri berkurang, proses penyaringan dalam ginjal berjalan lancar dan tentunya manusia tidak mempunyai ginjal yang bermasalah.

2. Dapat Memperlancar Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sistem tubuh untuk mencerna makanan dan minuman agar dapat dimanfaatkan oleh tubug. Pada umumnya, susah buang air besar merupakan gangguan pada manusia dalam beraktivitas.

Bila Anda meminum air yang cukup, maka sistem pencernaan akan berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah susah buang air besar

3. Dapat Menjaga Kelembaban Kulit

Saat cuaca panas, maka tubuh akan banyak keluar keringat dan bila cuaca dingin akan banyak keluar urine. Kekurangan air dapat membuat kulit kering sehingga mengakibatkan kulit mudah keriput dini.

Bila Anda cukup meminum air, ini akan membuat kulit Anda tidak cepat kering dan keriput serta dapat mempercepat pergantian sel kulit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ sangat vital bagi tubuh manusia. Meskipun begitu, jantung tidak dapat bekerja dengan baik bila kekurangan air. Bila Anda cukup meminum air putih, maka Anda terhindar dari resiko penyakit jantung dan kematian mendadak.

5. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Otak membutuhkan oksigen untuk tetap berfungsi. Selain dari pernapasan, oksigen dapat berasal dari air. Oleh karena itu, agar otak kita bekerja dengan baik dan mampu berkonsentrasi serta meningkatkan dayat ingat, Anda disarankan cukup untuk meminum air

6. Memperlancar Aliran Darah

Kekurangan air bagi darah dapat membahayakan tubuh. Sebab, darah dapat menjadi kental sekali bila kekurangan air. Apalagi darah harus diedarkan ke seluruh tubuh. Bila darah yang kental harus diproses oleh ginjal, maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaringnya.
Artinya, ginjal dapat rusak.

Bila Anda cukup meminum air, maka darah berkurang kekentalannya, maka darah mudah disaring oleh ginjal. Darah yang kental juga dapat membahayakan otak karena oksigen pada darah yang kental susah untuk didapatkan sehingga otak terganggu.

7. Memperindah Rambut

Air putih dapat bermanfaat bagi rambut. Ya, air dapat membuat rambut tidak kering dan bercabang. Jangan biarkan rambut Anda kering dan bercabang hanya karena kekurangan air putih.

Walaupun begitu, jangan terlalu banyak meminum air putih karena dapat berakibat fatal bagi tubuh seperti otak menjadi bengkak. Menurut para ahli, sekitar 8 gelas air putih sehari baik untuk kesehatan tubuh.




Baca juga:










Posting Komentar

0 Komentar