TERBARU

10/recent/ticker-posts

Begadang dan Bahaya bagi Kesehatan

Sumber gambar: Freepik
Keterangan: Cowok sedang begadang




Adi Ingin Berbagi - Begadang diartikan tidak tidur sampai larut malam. Biasanya, begadang dilakukan bila tidak dapat tidur, banyak tugas atau pikiran yang tidak tenang. Namun, tahukah Anda bahwa begadang tidak baik untuk kesehatan?

Berikut ini ada beberapa dampak negatif dari begadang bagi kesehatan.

1. Konsentrasi Menurun

Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal, salah satunya adalah penurunan konsentrasi. Ya, konsentrasi dapat menurun karena otak kelelahan akibat kurang istirahat. Bila hal ini dibiarkan, maka akan membuat tugas Anda berantakan.

2. Pelupa

Sharp wave ripples bertanggung jawab untuk menguatkan otak yang bekerja saat manusia tertidur. Namun saat Anda begadang, sharp wave ripples bekerja kurang optimal. Ini akan membuat Anda lupa pada beberapa hal.

3. Ceroboh

Akibat lain dari begadang adalah ceroboh. Ya, ceroboh, karena kemampuan motorik Anda akan lemah dan kurang gesit hanya karena Anda begadang.

4. Meningkatkan Kecelakaan

Tahukah Anda bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi salah satu penyebabnya adalah mengantuk ? Ya, begadang menyebabkan kantuk, ini akan membahayakan Anda saat harus bekerja adau berkendara.

5. Mudah Lapar

Kurang tidur dapat mengganggu kadar gula darah dan tubuh sedikit memproduksi leptin, hormon pengendali nafsu makan dan ghrelin yang banyak diproduksi sehingga meningkatnya keinginan untuk menyantap makan agar kebutuhan kalori tetap terpenuhi.

6. Merusak Liver

Begadang dapat mengganggu proses pembuangan zat-zat tak berguna (de-toxin) bagi tubuh dan pada waktu yang lama dapat merusak liver. Saat tubuh melakukan de-toxin, dibutuhkan tubuh yang rileks. Pada keadaan tidur, proses de-toxin terjadi di bagian sistem anti bodi (kelenjar getah bening). Cintailah tubuh Anda dengan tidak begadang agar tubuh Anda dan aktivitas Anda tak terganggu.

Baca juga:










Posting Komentar

0 Komentar