Sunday, 6 January 2013

Makna dibalik Sumpah Allah pada Bintang

Assalamu'alaikum  sahabat.


Orang-orang KAFIR dari berbagai lapisan masyarakat sering menuduh, mendebatkan dan bahkan mencaci maki ayat-ayat Suci Al Qur'an di mana terdapat sumpah-sumpah Allah atas nama benda-benda yang diciptakan-Nya. Menurut pengalaman pribadi, alasan mereka berpikir demikian karena :
Kristen beranggapan bahwa objek yang digunakan dalam sumpah harus lebih tinggi dari yang bersumpah.

Namun, dari alasan yang dikemukan di atas menunjukkan daya pikir mereka yang kerdil tentang apa makna dibalik sumpah-Nya dalam Al Qur'an.

Mengapa Allah bersumpah atas nama benda ?

Kata "sumpah" berasal dari kata Arab "qasam" yang akar katanya disusun oleh huruf QAF, SIN, & MIM yang menurunkan beberapa pengertian seperti, to divide, dispose, separate, apportion dan distribute. Lengkapnya, lihat => http://answering.wordpress.com/2009/12/21/mengapa-allah-bersumpah/

Berikut ini ada ayat sumpah Allah atas nama bintang-bintang dalam Al Qur'an.

ALLAH TA'ALA berfirman,
"FALAAA UQSIMU BIL KHUNNAS (I). ALJAWAARIL KUNNAS (I)".
Artinya :
"Sungguh, Aku bersumpah dengan bintang-bintang (15) yang beredar dan terbenam (16)". [QS. AT TAKWIR (81) : 15-16]

Kalimat "AL KHUNNASI, AL JAWARI, AL KUNNASI" dari surah AT TAKWIR ayat tersebut dalam bhs. Arab dapat dilihat dari kamus Ibnu Faris (w. 395 H) dan kamus-kamus bhs. Arab lainnya, mendenifisikan dua kalimat ini agar mendekati kepada pengertian yang dimaksud kalimat AL KHUNNASI, AL JAWARI, AL KUNNASI pada kedua ayat Surah AT TAKWIR, sebagai berikut :
1. AL KHUNNAS
Berasal dari akar kata KHONASA yang arti dasarnya "menghilang dan tertutupi". WAL KHUNNASI berarti bintang hilang dipersembunyian karena menghilang di siang hari dan muncul pada malam hari.
AL KHUNNASU bentuk Isim Fail dalam bhs. Arab adalah sifat setan karena kabur bila disebutkan nama Allah. Dengan demikian, AL KHUNNAS plural "KHANNIS" yaitu sesuatu yang hilang dari pandangan mata
2. AL JAWARI
Berarti melintas (pada porosnya)
Kata plural JARIYATU dari asal kata AL JARIYU, melintas dengan kecepatan tinggi
3. AL KUNNASI (KANOSA)
Berarti :
a. Menghapus sesuatu di mukanya, menyapu atau menghilangkannya
b. Tersembunyi
Dengan demikian, AL KUNNASI berarti bintang-bintang yang menghilang dan tersembunyi di tempat peredarannya karena melintas sangat cepat.

Pengertian di atas sesuai dengan apa yang dimaksud kalimat AL KHUNNASI, tetapi adanya 2 kalimat pada ayat ke-16 dari Surah AT TAKWIR mengandung arti yang sama mendorong ahli tafsir berspekulasi lain penafsiran pada 2 ayat di surah AT TAKWIR. Allah bersumpah suatu sumpah yang tegas demi bintang-bintang yang bersinar, bersembunyi di siang hari, melintas pada tempat peredarannya kemudian tersapu dan tertutup pada petangnya.
Al Qurthubi menafsirkan, "yaitu bintang-bintang yang bersembunyi di siang hari, dan tersapu atau tersapu atau tertutup pada petang harinya". Makhluf menafsirkan, "ALLAH TA'ALA bersumpah demi bintang-bintang yang tersembunyi di siang hari, yaitu hilang cahayanya dari pandangan mata, tetapi ia tetap berada pada tempat peredarannya, dan tersapu atau tertutupi pada petang harinya".

So, adakah hubungannya dengan Sains ??

Anda pasti tahu Lubang Hitam atau Black Hole, kan ?
Lalu apa hubungannya dengan Surah AT TAKWIR ayat 15 dan 16 ?

Lubang Hitam adalah suatu fenomena alam ruang angkasa terbentuk ketika sebuah bintang yang telah menghabiskan seluruh bahan bakarnya, ambruk, hancur ke dalam dirinya sendiri dan akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan kerapatan tak hingga dan volume nol serta medan magnet yang amat kuat.
Istilah "Lubang Hitam" pertama kali digunakan tahun 1969 oleh fisikawan Amerika John Wheelar. Cahaya tidak dapat meloloskan diri dari sebuah lubang hitam disebabkan lubang ini merupakan massa kerapatan tinggi di dalam sebuah ruang yang kecil.
Sifat-sifat Black Hole :
1. Tidak terlihat
2. Berada pada kecepatan tinggi
3. Menarik segala sesuatu
Seolah-olah menyapu halaman langit sehingga para ilmuwan menamainya Kosmik raksasa penyedot (penghisap) karena pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar.
Kata AL KHUNNAS bermakna tak terlihat
Kata AL JAWARI bermakna beredar
Kata AL KUNNAS bermakna menyapu
Hal inilah membuktikan keilmiahan dalam Al Qu'an yang telah disebutkan 14 abad yang lalu di mana sains dan teknologi masih sangat sederhana sekali.
So, apakah Anda masih meragukannya ??

MAHA SUCI ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN-NYA




Dikutip dari :
http://daraqodisa.blogspot.com/2011/07/bintang-bintang-dalam-ayat-al-quran.html?m=1



semoga bermanfaat
menarik, bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...