Wednesday, 12 December 2012

Siapakah Bapak Kedokteran Modern ???

BIOGRAFI
Nama Lengkap : Abu'Ali al Husayn ibn Abdullah.
Lahir : 370 Hijriyah (980 M) di Afshana, dekat Bukhara, Asia Tengah
Meninggal : Juni 1037 M di Hamadan, Persia (Iran)
Nama Barat : Avicenna
Nama Julukan : Bapak Kedokteran Modern
Asal Ayah : Balk Khurasan
Pekerjaan Ayah : Pegawai Tinggi pada masa Dinasti Samaniah (204-395 H/819-1005 M)
Nama Ibu : Astarah dari Afshana
Karya yang terkenal :  Qanun fi at Thibb, al Magest, Asy Syifa, De Conglutineation Lagibun

Ia adalah seorang filsuf, ilmuan, dan penulis produktif yang sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Karyanya yang terkenal adalah Qanun fi at Thibb yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.Sejak kecil, ia sudah menunjukkan kepandaain yang luar biasa. Pada usia 5 tahun, ia telah menghafal Al Qur'an. Ia juga belajar tentang ilmu-ilmu agama dan mempelajari ilmu kedokteran saat berumur 16 tahu tetapi melalui pelayanan pada orang sakit dan melalui perhitungannya sendiri dan menemukan metode-metode baru tentang keperawatan.

George Sarton menyebut Ibnu Sina "Ilmuan yang paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang". Ia belajar kepada Isa ibn Yahya seorang Kristen pada usia 16 tahun. dan mendapatkan predikat sebagai fisikawan pada usia 18 tahun. Sebagian besar ilmu-ilmunya dipelajari secara otodidak.

KARYA-KARYANYA :
  • Qanun fi al Thibb (The Canon of Medicine), ia menulisnya di Rayy dan Hamadan yang bersisi berbagai macam cara penyembuhan dan obat-obatan.Seningga nama lain kitab ini adalah Ensiklopedia Pengobatan.
  • Al Magest, berkaitan dengan astronomi di mana ia membantah pandangan Euclides serta meragukan pandangan Aristoteles yang menyamakan bintang-bintang tak bergerak.
  • Asy Syifa, tentang masalah penyakit dan cara penobatan sekaligus obat yang dibutuhkan berkaitan dengan penyakit bersangkutan.Kitab ini dikenal juga sebagai Ensiklopedia Filosofi dunia kedokteran yang terdiri atas 18 jilid.
  • De Conglutineation Lagibum, yang ditulis dengan bahasa Latin yang membahas tentang masalah penciptaan alam.
menarik, bermanfaat

5 komentar:

Silakan Anda mengirim kritik, saran, atau pertanyaan ke :

* Nomor ponsel saya : 085716860717 dan 083824096980
*E-mail saya : Adiselamet01@gmail.com
*Akun facebook saya : Facebook.com/ayakinbisa

Syarat dan ketentuan berkomentar :
1. Dilarang menghina siapa pun
2. Dilarang berkomentar sampah. Contoh : Promosi produk
3. Jangan menggunakan link hidup
Maaf bila saya belum bisa membalas komentar atau mengunjungi situs Anda. Terima kasih atas kunjungan atau komentar Anda di blog sederhana ini. Salam untuk Anda...